BARISAN CEWEK-CEWEK PERKASA (dalam film)

Written By Kang Soegie on Jumat, 08 Juni 2012 | 13.24


Kristen Stewart bermain sebagai Snow White , putri paling cantik di seluruh kerajaan yang mau dibunuh oleh ibu tirinya Sang Ratu yang merasa iri dengan kecantikan Snow White dalam film Snow White and The Huntsman (ketika tulisan ini diposting, film tersebut sedang edar).

Dalam film ini, Snow White atau Putri Salju malah di gembleng oleh si pembunuh bayaran yang dikirim Sang Ratu untuk membunuh Snow White , hingga Snow White menjelma menjadi seorang ksatria putri yang tangguh.
Perempuan yang jago beladiri, kuat dan perkasa.

Bagi penggemar film genre action pasti tak akan asing dengan penampilan Angelina Jolie di Tomb Rider atau Milla Jovovich di Resident Evil. Dan yang masih segar dalam ingatan, penampilan Scarlett Johansson sebagai Natasha Romanoff atau Black Widow dalam The Avengers.

Cewek-cewek perkasa yang digambarkan punya ilmu beladiri tinggi memang banyak ditampilkan di film-film. Apakah sebagai tokoh utama pemegang alur cerita atau sebagai tokoh pelengkap yang kehadirannya tidak bisa diabaikan.

Bagi penggemar film-film action mandarin, pasti mengamini kalau tokoh-tokoh cewek yang jago beladiri sudah biasa,hadir. Bahkan pada era 80-90an, banyak aktris-aktris mandarin yang menjadi langganan pemeran tokoh cewek jagoan. Sebut saja : Moon Lee , Chintya Khan , Kara Hui , Yang Pan Pan, Sibelle Hu , Oshima Yukari , Cindy Rothrock (yang pernah main di film Indonesia produksi Rapi Film dengan judul Pertempuran Segitiga , Membela Harga Diri, Perempuan Berambut Emas , dan Tiada Titik Balik) dan Michelle Yeoh.

Beberapa diantara mereka memang benar-benar mempunyai keahlian beladiri tinggi dan sebagian lainnya punya basic sebagai balerina dan dengan keahlian penata silat yang apik bisa menampilkan adegan teknik ilmu beladiri tinggi.

 
Dan di perfilman action mandarin (film mandarin memang didominasi oleh film action) , aktris cantik sexy berwajah ayu-pun bisa disulap jadi cewek jagoan yang difilm nyaris seperti benar-benar memiliki ilmu beladiri tinggi. Masih ingat kan film So Close yang dibintangi trio Shu Qi , Zhao Wei dan Karen Mok  ? --film ini pernah tayang beberapa kali di televisi swasta nasional--

sedangkan di belantara Hollywood yang paling agak sering jadi cewek jagoan didominasi oleh Angelina Jolie, lihat saja film-filmnya : Tomb Rider I dan II , Wanted , Salt , Mr and Mrs. Smith .



Dan disini Kang Soegie mau mencoba sedikit mengulas tentang Barisan Cewek-Cewek Perkasa (dalam film).

Cewek-cewek tersebut bisa hadir sebagai jagoan baik tokoh utama maupun pendamping seperti :

- Angelina Jolie sebagai Lara Croft di Tomb Rider

- Kate Beckinsale sebagai Selena di serial Underworld

- Milla Jovovich sebagai Alice di serial Resident Evil

- Jennifer Garner sebagai Elektra  film Elektra dan di DareDevil

- Linda Hamilton sebagai Sarah Connor yang di TERMINATOR 2 The Judment Day , tampil perkasa.

- Sigourney Weaver sebagai Ripley di serial Alien

- Rihanna di Battleship

- Lucy Lawless di serial televisi Xena : Warrior Princess yang pernah tayang di SCTV pada medio 1997an.

- Scarlett Johansson sebagai Natasha Romanoff di Iron Man 2 dan The Avengers

- Halle Berry yang tampil sebagai cewek bond yang jago gebuk jago tendang di filmnya Bond yang berjudul Die Another Day atau Michelle Yeoh (aktris Hong Kong yang sudah Go Internasional kelahiran Malaysia) yang juga hadir sebagai cewek bond di filmnya Bond Tomorrow Never Dies.

- Uma Thurman dalam film Kill Bill I dan II (menurut Kang Soegie film ini seperti satu film yang karena durasinya kepanjangan sama Quentin Tarantino dipenggal jadi dua film, hehehehe :-p )

- Trio Charlie Angels film yang angkat dari serial televisi berjudul sama yang di perani oleh Cameron Diaz , Drew Barrymore dan Lucy Liu.

--Film tentang  tokoh 3 cewek jagoan yang bahu membahu memberantas kejahatan pernah juga diangkat di film mandarin dgn judul Heroic Trio dan sequelnya Executioners yang dibintangi oleh Michelle Yeoh, Anita Mui dan Maggie Cheung--
- Rene Russo dalam film Lethal Weapon 3.

- dan bahkan Pamela Anderson pun bermain sebagai cewek jagoan dalam Barb Wire

- lalu Sharon Stone dan Rachel Ticotin pun berkelahi full body contack habis-habisan di film Total Recall

- atau Rachel Weisz yang berkelahi di Mummy Return.

Cewek-cewek Jagoan juga bisa hadir sebagai villian atau tokoh jahat yang biasanya tangguh bukan main atau sadis tidak alang kepalang. Masih ingat kan dengan Kristanna Loken yang bermain sebagai Robot Terminator lawannya Arnold Schwazenegger dalam film TERMINATOR 3 atau Maggie Q yang tangguh luar biasa ketika berkelahi dengan Bruce Willis di film Live Free or Die Hard ? atau tokoh Tuo Tuo yang diperankan Kate Tsui di film 14 Blades , yang saking tangguhnya sampai sang pendekar yang diperankan oleh Donnie Yen , ikut mati bersama ketika duel habis-habisan di penghujung film. Dan tidak bisa dilupakan juga tokoh Angels jahat yang diperankan oleh Demi Moore dal film Charlie Angels : Full Throttle .
Atau sadis gak kepalang seperti tokoh algojo yang diperankan oleh Saskia Van Rijswik dalam film China White (Russel Wong, produksi 1989) yang dalam versi mandarin ketrampilannya berbela diri tampak sangat menonjol.

Dan juga bisa hadir sebagai tokoh yang abu-abu, sebagai contoh tokoh komik Cat Woman yang diperankan oleh Michelle Pfeiffer di film Batman Return atau oleh Halle Berry di film Cat Woman.

GALLERY PICTURE OF BARISAN CEWEK-CEWEK PERKASA (dalam film)

Lalu bagiamana kiprah para cewek jagoan di industri perfilman yang bukan kiblat dunia ? di Jepang juga hadir Azumi yang diperankan oleh Aya Veto atau di Thailand ada juga Jeeja Yanin yang tampil mengesankan sebagai gadis autis yang lihai berkelahi di film action Chocolate.

Kalau Indonesia ? yang sempat Kang Soegie tahu, dulu waktu kecil sering menonton film-film action yang bercerita tentang kiprah cewek jagoan. Sering diperankan oleh Eva Arnaz , bahkan film serupa Charlie Angels juga pernah Kang Soegie tonton di layar tancap waktu itu, dengan judul TIGA CEWEK JAGOAN yang diperankan oleh Eva Arnaz , Dana Christina dan Debby Chintya Dewi , kalau tidak salah film sempalan dari LIMA CEWEK JAGOAN.

Kalau sekarang Kang Soegie tidak tahu, soalnya kebanyakan film di dominasi oleh hantu pocong, kuntilanak dan hantu-hantu lainnya... :p

Itulah sedikit ulasan tentang Barisan Cewek-Cewek Perkasa (dalam film) . Kang Soegie yakin, pasti masih banyak yang terlewatkan, untuk itu Kang Soegie mohon maaf, dan minta teman-teman tambahkan...

Okey plen..... :)

0 komentar:

Posting Komentar