Yuk, kita intip bocoran fitur BlackBerry 10.

Written By Kang Soegie on Rabu, 16 Januari 2013 | 16.02

Ya ! Sudah bulan Januari... Bahkan sudah melewati pertengahan Januari. Para BB (BlackBerry) user pasti sudah tidak sabar menunggu kehadiran sebuah OS baru dari RIM, Yakni BlackBerry 10. Tidak seperti OS BlackBerry yang sudah beredar di pasaran, OS ini digadang-gadang mampu memberikan perlawanan terhadap OS lain yang lebih populer, baik Android maupun iOS.
Rencananya RIM akan meluncurkan BlackBerry OS 10 pada tanggal 30 Januari 2013 mendatang, yang artinya tinggal beberapa saat lagi, namun sampai saatnya datang, RIM masih menutup rapat informasi mengenai produk dan fitur-fitur yang nantinya akan hadir. Beruntung sejumlah developer yang telah dibekali perangkat beta BlackBerry 10 mau berbagi di beberapa situs terpisah.

Untuk menyambut kehadirannya di akhir bulan ini, yuk kita intip teknologi OS ini secara lebih dekat :)

Sistem operasi BlackBerry 10 merupakan arsitektur QNX, yang berangkat dari Unix-Like OS. Artinya BlackBerry kali ini akan memiliki kromosom yang sama dengan Android dan iOS.

Jika Anda, BB User, pernah menggunakan perangkat tablet BlackBerry Playbook, maka kira-kira akan seperti itulah tampilannya. Sudah barang tentu akan banyak mengalami perombakan mengingat umur PlayBook sudah hampir 3 tahun. Dan waktu selama itu sudah cukup untuk membuat sebuah OS baru yang penuh dengan kejutan.

Dan lalu, apakah Fitur-fitur Unggulan yang akan disematkan di BlackBerry 10 ? Ini dia bocorannya...

1. LockScreen
Sejumlah video dan review OS 10 BlackBerry menunjukkan adanya perombakan di sisi LockScreen. Dimana tampilannya sedikit mirip dengan Android dan iOS, yang menampilkan informasi waktu, tanggal, notifikasi dan tombol cepat menuju kamera. Yang menarik justru adanya fitur Peek (intip) dimana kita bisa mengusapkan layar (ke satu arah) lalu mengintip notifikasi-notifikasi yang ada, kemudian kembali menutup layar itu hanya dengan satu sentuhan yang sama.

2. Active Frame
Jika di Android ada widget, maka di BlackBerry 10 ada Active Frame. Merupakan aplikasi-aplikasi mini yang tertampil secara teratur dalam sebuah kotak bingkai sendiri, berisi preview aplikasi tersebut dan juga sebagai shortcut menuju aplikasi secara penuh. Dalam satu layar, kita bisa menempatkan 4 active frame. Jika ada lebih dari 4 akan otomatis tersimpan di halaman berikutnya dan seterusnya. RIM sendiri menyatakan bahwa semua aplikasi baik 1st party maupun 3rd party bisa ditampilkan dalam bentuk active frame semacam ini.

3. Konsep FLOW pada Interface
Konsep ini akan jelas tergambar pada saat kita mengakses menu. Perpindahan dari satu halaman menu ke halaman berikutnya akan menampilkan efek perpindahan gambar yang lambat sehingga terkesan mengalir, atau bisa juga disebut berhembus angin.

4. Notifikasi Pintar
Saat sedang menulis catatan atau memandangi foto, Anda bisa mengintip notifikasi dengan menyingkap layar dari bawah ke atas. Notifikasi-notifikasi ada di sisi kiri, dan Anda bisa menggesernya kekanan untuk melihat preview pesan-pesan tersebut. Jika tidak dibutuhkan, tutup kembali dan Anda akan berada di halaman semula.

5. BlackBerry Hub
Mengumpulkan semua perpesanan dalam satu kanal fitur (messaging) adalah kebiasaan BlackBerry sedari dulu. BlackBerry Hub bertugas untuk menyempurnakannya. Jika di message lawas Anda harus melalui sejumlah langkah untuk memilih akun-akun tertentu, semisal hanya dari satu e'mail saja, atau hanya menampilkan notifikasi Facebook saja, maka di BlackBerry Hub kita hanya perlu menggeser layar ke kanan untuk melihat banyak akun di situ, lalu pilih salah satu. Melalui BlackBerry Hub pun kita bisa langsung memasukkan sebuah e'mail undangan rapat untuk dijadikan task dalam kalender. Hanya dengan menekan lama, lalu menggesernya ke arah tampilan kelender.

6. Mode Personal dan Work
Memisahkan deret menu untuk keperluan berbeda memang bukan hal baru. Symbian sudah melakukannya sejak bertahun-tahun lalu. Namun yang membuatnya unik adalah justru karena ini adalah BlackBerry, yang selama ini dianggap sebagai perangkat kaku untuk kegiatan bisnis dan kantoran. Dengan mode ini, Anda bisa mengganti tema berbeda di setiap modenya lalu biarkan semua aplikasi dengan fungsi yang berbeda terpisah di dua bagian tadi.

7. Peek
Fitur peek sudah dibahas sejak Lockscreen. Maksudnya sich fitur ini bisa membuat setiap halaman tidak dibuka secara penuh. Kita bisa mengintip aplikasi dibawahnya hanya dengan setengah buka atau seperempat buka, lalu menutupnya kembali. Kontrol penuh ada di tangan Anda.

8. Cascade
Sementara cascade merupakan bentuk navigasi menu baru dimana kita bisa mengatur halaman aplikasi-aplikasi yang terbuka dalam sebuah layar multitasking dan kita bisa berpindah dari tiap halaman yang teratur cascade seperti ini.

9. Time Shift pada Kamera
Fitur Time Shift pada intinya hampir sama dengan fitur Faces di iPhoto. Dimana sistem akan segera mengenali wajah-wajah yang berada dalam foto dan mengumpulkannya dengan foto-foto yang mengandung wajah yang sama. Meski dikabarkan kurang bersahabat dengan pengambilan gambar kurang cahaya, rasanya lucu juga punya fitur seperti ini di BlackBerry kita.

10. Browser Anyar
Tidak ada perubahan OS yang tidak disertai peningkatan browser. Pengalaman yang terjadi selama perubahan dari OS 4 ke 5 hingga 7, yang terjadi adalah selalu peningkatan kinerja browser. Dilaporkan oleh beberapa situs developer di luar sana, nampaknya browser anyar OS 10 ini pun bisa bekerja lebih cepat ketimbang browser iOS dan Window Phone.

sumber : Tabloid Pulsa
Disclaimer : BlackBerry 10 masih dalam tahap pengembangan. Apa yang ditulis disini, bisa jadi akan berubah di produk resminya.

0 komentar:

Posting Komentar