BIKIN BLOG YU'

Written By Kang Soegie on Kamis, 08 November 2012 | 19.05

Menulis... sepertinya adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Padahal tidaklah demikian. Dari dulu, kadang dan tak jarang, kita menuangkan apa-apa saja yang ada di benak kita, apakah itu curhatan, ratapan, ataupun sesuatu kejadian yang menyenangkan dengan menuliskannya pada sebuah buku yang sering kita sebut DIARY.

Nah, sekarang di jaman yang serba digital ini, kita bisa membuat DIARY kita lewat semua media yang dinamakan WEBLOG atau BLOG. Kita mungkin sering berfikir, untuk membuat BLOG pastilah tidak mudah. Tapi benarkah demikian ? TIdak, pemirsah ! membuat blog itu sangat menyenangkan dan tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Kita bisa membuat BLOG di berbagai hosting penyedia seperti beberapa yang populer adalah di wordpress, tumblr, atau di blogspot. dan sekarang Kang Soegie mau membagi-bagikan tips dan trik cara membuat BLOG di blogspot.

Kenapa di blogspot ? ya, karena dewasa ini memang terdapat sangat banyak hosting gratis di dunia maya. Namun, blogspot adalah salah satu hosting yang memiliki banyak keunggulan dalam hal berkaitan pada tampilan, ataupun susunan menu yang sangat mudah dipahami pengguna, khususnya pemula.

Artikel tersebut ini, pastinya sudah banyak di bahas di banyak BLOG, cuma disini Kang Soegie melalui CATATAN KANG SOEGIE, mau membagikannya kembali untuk para sobat-sobat Kang Soegie tercinta yang mungkin belum mengetahuinya.

Oke, tanpa banyak basa-basi, mari kita mulai cara membuat BLOG di blogspot.

1. Kunjungi alamat www.blogger.com
2. Setelah masuk di halaman Blogger.com, Anda dapat langsung membuat akun blogspot dengan klik tombol Mulai. Sedangkan kotak Username (e'mail) dan Password, digunakan untuk login ke dalam akun blogspot, namun hal ini dapat dilakukan bagi Anda yang sudah memiliki akun Blogger.

3. Setelah klik tombol Mulai, maka akan ada tampilan form yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pendaftaran. Perlu diketahui bahwa Anda disarankan oleh Blogspot untuk mendaftar menggunakan akun Gmail, namun Anda dapat juga menggunakan akun lainnya seperti Yahoo! Mail. Isikan form yang tersedia mulai dari e'mail, password untuk blogger, nama tampilan, dan lain-lain. Pastikan Anda mengisikannya dengan benar. Setelah selesai mengisikan form, klik tombol panah Lanjutkan, atau Continue jika dalam pilihan Bahasa Inggris.

4. Setelah klik Continue atau Lanjutkan, maka pada tahap kedua, Anda diwajibkan membuat nama BLOG. Mulailah dengan mengisikan Judul Blog (Blog Title), dan dapat Anda lanjutkan dengan menentukan alamat blog (url) dari BLOG yang akan Anda buat. Untuk Blog Title dapat Anda sesuaikan dengan konten yang akan Anda isikan ke dalam Blogspot nantinya misalkan tentang film atau tentang musik. Untuk menetukan alamat blog, Anda dapat isikan alamat yang dikehendaki, namun periksa dulu alamat tersebut dengan meng-klik Check Availability. Jika alamat yang Anda daftarkan sudah ada yang memiliki, maka alamat (url) tersebut akan ditolak, Tapi jangan khawatir, Anda akan mendapatkan saran dari blogspot dalam pemberian alamat BLOG. Jika semunya telah benar, klik Continue untuk melanjutkan ke langkah yang ketiga.

5. Pada tahapan ketiga dan merupakan tahapan yang terakhir dalam proses pembuatan blogspot, Anda dapat memilih lay out atau tampilan templates untuk tampilan blog milik Anda nanti. Tampilan templates yang telah disediakan didalam blogspot ini nantinya juga dapat Anda ganti dengan templates lain dari pihak ketiga yang tersedia gratis di internet. Selain itu, Anda nantinya juga dapat mengatur tampilan templates blogspot menggunakan fitur baru blogspot yaitu template Designer. Setelah selesai memilih templates, klik tombol Continue.

6. Setelah klik Continue pada tahap pemilihan desain templates, maka akan dinyatakan telah selesai membuat BLOG dengan blogspot. Kini Anda dapat langsung melanjutkan untuk membuat artikel. Klik Mulai Blogging untuk membuat tulisan pertama Anda di dalam blogspot.

Oke, kalau sudah begitu, maka resmilah Anda mempunyai BLOG di blogspot. Dan Anda tinggal rajin-rajin aja, menulis apapun yang ingin Anda tulis atau memposting apapun yang ingin Anda posting.

Mudah bukan bikin BLOG ! Yang susahnya justru adalah merawat BLOG kita tersebut...senang

Okey sobat-sobat... Happy Blogging ^^

2 komentar:

Stiker Jalingkut mengatakan...

met mlm genk.. bikin kopi yuk hahah..

Kang Soegie mengatakan...

TUTORIAL BLOGGER... salam membuat kopi ^_^

Posting Komentar