CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOG DENGAN TEMPLATE PIHAK KE-3

Written By Kang Soegie on Sabtu, 10 November 2012 | 23.15

Kalau kemarin, Kang Soegie sempet membahas soal CARA MEMBUAT POSTINGAN PERTAMA DI BLOGSPOT, maka sekarang Kang Soegie akan mencoba membahas Cara Mengganti Template Bawaannya Blogspot dengan Template dari pihak ke-3.

Kenapa pihak ke -3 ? karena meskipun Blogspot sudah menyediakan berbagai template / layout tampilan BLOG yang sudah cantik-cantik dan mudah sekali dalam pengaturannya, namun ada kalanya kita merasa kalau template yang disediakan oleh Blogspot belum mampu memfasilitasi keinganan tampilan BLOG kita.

Sering pada saat kita surfing di dunia maya, alias jalan-jalan di di internet, kita mendapati kalau tampilan atau layout BLOG-BLOG punya para BLOGGER kelihatan canggih-canggih dan lain sekali tampilannya dengan layout yang di tawarkan/disediakan langsung Blogspot.

Nah, enaknya disini, Blogspot tidak membatasi kita untuk mengganti template BLOG kita dengan template-template yang tidak tersedia di Blogspot. Kita bebas mencari template yang lain, asal kita mengerti Term & Condition yang ditetapkan oleh Blogspot.

Mencari template yang sesuai dengan keinginan kita untuk diterapkan di BLOG kita, tidaklah sulit. Dan meskipun banyak yang menawarkan jasa pembuatan template berbayar, tapi mencari template yang gratisan juga banyak. Kita tinggal googling dengan kata kunci "FREE TEMPLATE" maka, akan tampil ratusan pilihan penyedia template gratis yang bisa kite pergunakan. Kita tinggal mencarinya yang sekiranya sesuai dengan keinginan kita dan kita tinggal mendownlaodnya.

Oke, sekarang kita mulai CARA MENGGANTI TEMPLATE bawaan blogspot dengan template yang disediakan oleh pihak ke 3. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus punya templatenya dahulu. Anda bisa download template hasil pencarian Anda yang biasanya nantinya formatnya adalah winrar. File template yang winrar tersebut lalu harus Anda ekstrak terlebih dahulu. Dan bacalah dahulu Term & Condition dari penyedia template yang biasanya mereka sertakan dalam file yang Anda download tadi.

Setelah itu, lalu kita mulai pada tahap cara mengaplikasikan template dari pihak ke-3 tersebut pada BLOG kita.
1. Buka Dasbor BLOG Anda lalu klik tulisan Template.
2. Nanti akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Lalu klik tombol PULIHKAN/CADANGKAN
3. Setelah itu akan tampil jendela seperti gambar di bawah ini. Ingat, demi untuk keselamatan, BACK UP dulu template BLOG Anda dengan mengklik tombol UNDUH TEMPLATE LENGKAP.
4. Setelah Anda berhasil memback-up template lama BLOG Anda, klik tombol browse lalu pilih template hasil download dari pihak ke-3 yang akan diaplikasikan ke BLOG Anda. Pilih file yang berformat .xml
5. Setelah itu, klik tombol UNGGAH untuk mengupload file template pilihan Anda.
6. Tunggu hingga proses upload selesai.

7. Kalau upload berhasil maka akan ada pemberitahuan bahwa proses upload berhasil. Template berhasil di aplikasikan pada BLOG Anda. Kalau sudah begitu, Anda tinggal Klik LIHAT BLOG untuk melihat layout dari BLOG Anda dengan template yang sesuai dengan keinginan Anda.

Oke, proses selesai dan Anda sekarang punya BLOG dengan layout yang sesuai dengan keinginan Anda, hingga hal ini Insya Allah akan makin membuat Anda rajin merawat BLOG Anda.

4 komentar:

Stiker Jalingkut mengatakan...

met mlmng genk. trmksih bnyk dah berbgi. jdi dpt ilmu lgi,ni genk..

Yousake NKRI mengatakan...

wah, mampir sob dan mau bilang kalau artikel ini bagus.. ihihihihihi

*Salam Sehat Ya.

Kang Soegie mengatakan...

@Tutorial Blogger.... terimakasih untuk visitnya ^_^
@Yousake NKRI... terimakasih , hehehhe
Salam sehat juga :)

Unknown mengatakan...

Numpang baca kang, ane masih pemula, trimakasih buat infonya...

Posting Komentar