Jalan-Jalan Yu: Padang-Padang Beach dan Pura Luhur Uluwatu

Written By Kang Soegie on Senin, 04 Februari 2013 | 01.06

Tanpa terasa yah, udah Februari lagi. Dan pada saat Kang Soegie posting di Catatan Kang Soegie ini, Februari udah menginjak tanggal 3, yang berarti udah 3 hari kita memasuki Bulan Februari, dan hujan masih kadang turun di Denpasar Bali :)

Oya, kemarin, pada hari Sabtu tanggal 2 Februari 2013, Kang Soegie jalan-jalan ke Pantai Padang-Padang dan Pura Luhur Uluwatu di daerah Pecatu, Bali. Kebetulan untuk saat-saat ini kerjaan di kantor belum begitu ribet, jadi pas hari sabtu gitu yang sebetulnya masih hari kerja, Kang Soegie bisa juga jalan-jalan. Tetapi senyatanya sich, Alhamdulillah, Kang Soegie di tempat kerja, meskipun bukan minggu, seringkali masih bisa jalan-jalan, kemanapun itu, misal nonton film di bioskop atau sekedar mandi-mandi di pantai Sanur.

Padang-padang Beach atau pantai Padang-Padang adalah sebuah pantai yang indah di kawasan Pecatu Uluwatu. Pantai ini sejajaran dengan pantai-pantai indah lainnya seperti Pantai Dreamland --pantai yang sering dikunjungi oleh seleb-seleb dunia ketika mereka sedang berlibur ke Bali--, pantai Suluban atau lebih banyak orang menyebutnya sebagai Pantai Blue Point.

Pantai Padang-Padang airnya sangat jernih, enak banget untuk dipakai berenang-berenang dan suasananya masih belum seramai Pantai Kuta, cuma sayang pas kemarin Kang Soegie main ke sana, airnya sedang pasang, hingga Kang Soegie tidak begitu berani main air. Dan pada saat hari makin siang, airnya makin naik, balawisata yang sedang bertugas disanapun menghimbau para wisatawan untuk tidak turun ke air.

Oya, bagi yang belum tahu, Pantai Padang-padang adalah salah tempat yang dipakai shooting filmnya Julia Robert yang berjudul Eat, Pray an Love. Kelompok penyanyi Michael Learn to Rock juga pernah membuat video klip salah satu lagunya di sini.

Selesai mandi-mandi dan main pasir di Padang-padang beach --yang gak lupa sambil photo-photo tentunya :p -- , Kang Soegie lanjut mengunjungi Pura Luhur Uluwatu. Dari Padang-padang beach, gak jauh memang untuk menuju Pura Luhur Uluwatu ini. Disini banyak monyet yang berkeliran, meskipun memang gak sebanyak di Monkey Forest Ubud.

Menurut Wikipedia Pura Luhur Uluwatu adalah :

Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan pura yang berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung.

Pura yang terletak di ujung barat daya pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin. Pura ini pada mulanya digunakan menjadi tempat memuja seorang pendeta suci dari abad ke-11 bernama Empu Kuturan. Ia menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya. Pura ini juga dipakai untuk memuja pendeta suci berikutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali pada akhir tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan Moksah atau Ngeluhur di tempat ini. Kata inilah yang menjadi asal nama Pura Luhur Uluwatu.

Pura Uluwatu terletak pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura.

Pura Uluwatu mempunyai beberapa pura pesanakan, yaitu pura yang erat kaitannya dengan pura induk. Pura pesanakan itu yaitu Pura Bajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding dan Pura Dalem Pangleburan. Masing-masing pura ini mempunyai kaitan erat dengan Pura Uluwatu, terutama pada hari-hari piodalan-nya. Piodalan di Pura Uluwatu, Pura Bajurit, Pura Pererepan dan Pura Kulat jatuh pada Selasa Kliwon Wuku Medangsia setiap 210 hari. Manifestasi Tuhan yang dipuja di Pura Uluwatu adalah Dewa Rudra.

Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar, bahkan even internasional seringkali diadakan di sini. Ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat selancar selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik.
Pemandangan dari arah Pura Luhur Uluwatu

Sebetulnya bukan sekali ini Kang Soegie jalan-jalan mengunjungi Padang-Padang Beach dan Pura Luhur Uluwatu ini, sudah beberapa kali Kang Soegie kesini, tapi untuk yang kesekian kalinya tersebut ini, Kang Soegie sama sekali tidak merasakan kebosanan mengunjungi tempat-tempat ini. Selalu ada kecerian dan kesegaran setiap kali Kang Soegie kesini. Selalu, dan selalu...

Untuk itu, buat sobat-sobat yang kebetulan ada kesempatan berkunjung ke Bali, rugi rasanya kalau sampai tidak sempat mengunjungi tempat-tempat seperti Dreamland, Pantai Suluban, Pantai Padang-padang dan Pura Luhur Uluwatu ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

gak terasa setahun yang lalu aku ke pantai padang padang ... emang pantai yang nyaman buat berenang dan main air ... sungguh kenangan yang tak kan pernah terlupakan ...

Kang Soegie mengatakan...

Hendra Pamungkas... Pantai Padang-padang memang pantai yang indah, dan masih sangat bersih... ^_^

Posting Komentar