4 HAL YANG BISA MENURUNKAN KESUBURAN PADA PRIA

Written By Kang Soegie on Jumat, 02 November 2012 | 21.24

Mempunyai buah hati atau memperoleh keturunan adalah hal yang paling diidamkan oleh setiap pasangan. Dan ketika hal tersebut susah untuk didapatkan, berbagai upayapun terus dilakukan, seperti upaya medis dan lainnya.


Tetapi di antara 10 pasangan yang menjalani tes kesuburan, biasanya didapati 1 pasangan yang ternyata mengalami masalah pada kualitas sperma. Hal tersebut menyebabkan sperma tak mampu membuahi sel telur.

Dan, hal apa sajakah yang mampu menyebabkan kualitas sperma menurun hingga tak mampu membuahi sel telur ? Para pria , silahkan simak dan hindari hal-hal berikut ini !

1. SUHU
Suhu di sekitar testis ternyata berpengaruh terhadap produksi sperma. Makin tinggi suhu, maka makin buruk akibatnya untuk testis dan kemampuan memproduksi sperma dalam hal jumlah, motilitas, dan morfologinya. Ini termasuk jika seorang pria berendam di air panas atau jacuzzi lebih dari 30 menit. Atau menggunakan laptop dengan cara dipangku, dengan suhu laptop yang panas. Fakta itu sudah dipublikasikan tahun 2007 oleh sebuah penelitian di Amerika.

2. DEMAM
Sakit demam tingi yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh diatas normal pun bisa berpengaruh terhadap penurunan kualitas sperma. Biasanya sperma berkurang hingga 35 % setelah seorang pria demam.

3. CELANA KETAT
Penggunaan celana ketat, atau jeans ketat yang rutin bisa berpengaruh buruk bagi kualitas sperma. Jika Anda benar-benar mendambakan kehadiran buah hati, maka sebaiknya gunakan celana boxer sebagai ganti celana dalam, dan jauhi jeans ketat.

4. GAYA HIDUP
Merokok, narkotika, dan alkohol memiliki pengaruh terhadap penurunan kualitas sperma dari normal, dan juga fungsi seksual lainnya. Demikian juga faktor stress dan obesitas akibat pola makan yang salah.

Nha, jika Anda bermasalah pada kualitas sperma dan tak kunjung mendapatkan buah hati, maka sebaiknya mulai menjauhi berbagai hal di atas.

0 komentar:

Posting Komentar